Senin, 21 November 2011

14 DPD dan Forum Raja Dukung Firman

SINGKAWANG-Bupati Melawi, Firman Muntaco secara bulat didukung dan didaulat oleh 14 DPD PFKPM se Kalimantan Barat untuk menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu dalam acara Musyawarah Besar III Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu (PFKPM) Kalbar di Singkawang tanggal 26-27 November 2011. Bahkan, Forum Raja dan Kesultanan se Kalbar juga menyatakan sikap dan mendukung Firman Muntaco, untuk memimpin organisasi pemuda Melayu se Kalbar periode 2011-2016. Pernyataan sikap dan dukungan tersebut berlangsung, Ahad (20/11) yang dihadiri oleh seluruh DPD PFKPM se Kalbar di Hotel Kapuas Dharma Pontianak.

Firman hadir dalam acara tersebut, dan menyatakan siap dan berterima kasih atas ketulusan serta dukungan dari seluruh DPD PFKPM se Kalbar. “Demi memajukan marwah Melayu, saya siap memimpin organisasi ini lima tahun ke depan,” kata dia disambut tepuk tangan para hadirin. Sambutan singkat, Firman meminta seluruh jajaran Pengurus dari DPW, DPD, PAC sampai ranting PFKPM untuk secara bersama sama membanguin marwah Melayu. Dia juga meminta agar keraton dan raja/kesultanan masuk dalam puak Melayu.

“Di PFKPM, raja dan sultan masuk dalam struktur yang diberinama Dewan Agung. Dalam Undang-Undang Keraton merupakan simbol budaya. Oleh karena ini masyarakat dan puak Melayu harus menghargai keraton sebagai simbol pemersatu dan perekat budaya,” kata dia. Mantan Wakil Bupati Melawi, Firman berncana akan mengadakan kirab kerajaan se Kalbar agar eksistensi Melayu semakin nyata dirasakan oleh masyarakat. Firman juga berpendapat, untuk memajukan PFKPM harus melibatkan partisipasi pemerintah daerah. “Karena kita bagian dari anak bangsa pemilik daerah yang harus mendapat perhatian dan perlakuan yang adil dan setara.”

Untuk itu, Firman menghimbau Bupati dan Wali Kota se Kalbar harus berpikir memajukan marwah Melayu tanpa membedakan satu dengan yang lain. Terhadap figur Firman, Ketua DPD PFKPM Kabupaten Pontianak, Husni Thamrin mengatakan, tidak perlu diragukan lagi. “Beliau kuat dalam sturktur, cerdas dalam bertindak dan kuat dalam finansial. Oleh karena itu, dalam suasana kebatinan yang paling dalam, dan musyawarah panjang, kami dari seluruh pengurus DPD PFKPM Kabupaten Pontianak, siap memilih H Firman Muntaco sebagai Ketua DPW PDFKPM Kalbar periode 2011-2016,” kata Husni dalam pernyataannya.

Pernyataan tersebut didukung dan diikuti oleh 13 DPD PFKPM lainnya. Seluruh yang hadir menyatakan hal sama.  Kata mantan anggota DPRD Kabupaten Pontianak ini, sebagai sebuah organisasi masyarakat berbasis pemuda Melayu, posisi ketua umum menjadi sangat sentral dan strategis. “Firman adalah kader terbaik yang memiliki visi pemersatu, kuat dan mau berkorban untuk kemajuan organisasi dan marwah Melayu. Mengukur dan menakar calon Ketua Umum PFKPM Kalbar ke depan haruslah figur yang kuat secara politik, sosial, ekonomis dan yang terpenting dia harus dapat dijadikan teladan,” kata dia.

Ketua Panitia Mubes III PFKPM Kalbar, Noviar Ardiansyah minta seluruh jajaran panitia untuk bekerja secara profesional dan bertanggungjawab agar mubes ini berjalan sukses. Dia juga minta kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk menjaga Kota Singkawang agar tetap kondusif selama mubes berlangsung. Acara mubes diawali dengan malam silaturahmi dengan para Sultan dan Raja se Kalbar bersama para bupati dan wali kota dan para peserta mubes. Tanggal 26 November 2011 dilaksanakan opening ceremony yang dilanjutkan dengan seminar tentang Tantangan dan Peluang Pemuda Melayu dalam Proses Pembangunan Nasional. “Yang  akan menjadi pembicara dalam seminar dimaksud antara lain Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Ketua MABM Kalbar, Prof DR Sy Ibrahim Al Qadrie dan Dr H Aria Djalil,” kata Ketua Tim Perumus Panitia Munawar. (zrf)

Sumber: http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=101210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar